Minggu, 10 Februari 2013

Materi Kuliah Tanggal 11 Februari 2013 " Manajamen Pemasaran"


Materi Kuliah Tanggal 11 Februari 2013 " Manajamen Pemasaran"


Pendahuluan.
MANJEMEN PEMASARAN 
oleh dosen : Asnawati
Universitas Mulawarman Samarinda
Resumed by : Cahyo S.AA


Apa itu Pemasaran ?
Pemasaran
arti dari pemasaran adalah memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
kebutuhan diatas adalah refleksi dari Konsumen dan menguntungkan refleksi dari Produsen.

Jadi Manajemen Pemasaran adalah
Ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. ( MANAJEMEN PEMASARAN, KOTLER-KOLLER EDISI 13 PENERBIT ERLANGGA)

yang dimaksud pasar sasaran diatas adalah pasar yang dituuju.
dalam manajemen pemasaran, arti pasar bukan dilihat dari definisi fisiknya, melainkan arti pasar adalah sekumpulan dari pembeli,
jadi pengertian ini digunakan dalam manajemen pemasaran.

dari defenisi manajemen pemasaran diatas dapat di uraikan dilhat dari masing-masing katanya.
Didalam pasar sasaran terdapat istilah STP ( Segmentation Targetion Potitioning )

Segmentasi = Memilah/Membagi jenis pasar co. Segmentasi dari jenis kelamin, Laki-laki atau Perempuan, Segmentasi dari Umur, tua atau muda dsb.
Target        = Menentukan pasar yang akan dituju
Posisi         =Memposisikan Produk pada pasar yang dituju

Apa saja si yang dipasarkan ?

Yang dipasarkan adalah Barang.
1.Barang Fisik contohnya baju, celana sepatu dll.
2. Jasa
Jasa adalah suatu hal yang bisa dipasarkan, contohnya jasa dari pengacara, dan sejenisnya.
3.Acara
yang dimaksud Acara adalah memasarkan jasa dari Event Organizer, kita sering menghadiri festival-festival nah itu yang dimaksud Acara yang di pasarkan
4. Pengalaman
co.Outbond
5. Orang
co. selebrtis
6. Tempat
co. Daerah wisata
7. Properti
8. Organisasi
9.Informasi
10. Ide


Pemasar vs Prospek

yang dimaksud pemasar adalah seorang yang mencari respon dari seorang prospek
jadi bisa diibaratkan Pemasaar adalah produsen dan Prospek adalah konsumen

Disini dijelaskan bahwa Pemasar harus mendapatkan respon dari prospek
maksudnya adalah Pemasar harus bisa mendapatkan sejumlah hal yang mampu membuat prospek mengenal prosuk pemasar, niatan untuk membeli produk dari pemasar, dan keputusan untuk membeli produk pemasar.
itu adalah yang dimaksud respon dari prospek,
Bagaimana caranya agar prospek bisa merespon?
dengan cara promosi dan iklan.

Tadi kita sudah mengetahui definisi daari pasar yaitu sekumpulan dari pembeli
Industri adalah sekumpulan dari penjual.

 Pasar saling berhubungan, industri memberikan barang dan jasa setelah Pasar member uang, Hal yang dilakukan industri untuk mengenalkan produk adalah dengan cara promosi, dan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pasar terdapat informasi itu sendiri dari pasar.

Macam-Macam Pasar :
1.       Pasar konsumen
Yang dimaksud pasar konsumen adalah konsumen menggunakan barang untuk dirinya sendiri
2.       Pasar Bisnis
Barang yang dibeli untuk dijual kembali atau untuk diproduksi kembali
3.       Pasar Global
Antar negara
4.       Pasar Nirlaba
Co. Yayasan, universitas dan sejenisnya



                                                                

Tidak ada komentar: